Forum Alumni dan Wali Santri #PesantrenAlKautsarAlAkbar Dorong Pendirian #PesantrenKilat Op Sholeh di #PesantrenSiniang - Siniang Online

Hot

Post Top Ad

Jumat, 06 Juli 2018

Forum Alumni dan Wali Santri #PesantrenAlKautsarAlAkbar Dorong Pendirian #PesantrenKilat Op Sholeh di #PesantrenSiniang

Ust Mas Ismail Simanjuntak sedang menghadiri acara di Siniang
SINIANG ONLINE -- Diskusi di grup Whatsapp Forum Alumni dan Wali Santri Pesantren Al Kautsar Al Akbar (baca), menghasilkan sebuah gagasan untuk mendorong berdirinya Pesantren Op. Sholeh di samping lokasi Pesantren Siniang, Siniang, Pakkat, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (6 Juli 2018).

Pondok yang berjenis 'Pesantren Kilat' ini merupakan bagian dari gagasan Gerakan Mendirikan Pesantren Saoppu (GMPS) (baca) yang dikemukakan oleh H. Julkifli Marbun, MA saat mendirikan ide Pesantren Siniang (baca), bersama 'pinompar' Op. Diyanah lainnya, yang kini dikhususkan untuk diskusi online.

Sebagaimana direncanakan Pesantren Siniang akan mendorong terbentuknya 8 pesantren kilat turunan berdasarkan jumlah ompu. Setiap pesantren kilat ini juga akan mempunyai cabang bila sudah mempunyai keturunan lebih dari tiga. Dan kedelapan bersaudara itu memang sudah ada mempunyai cucu yang telah bercucu (6 keturunan) dan kebanyakan alumni.

GMPS digagas untuk menaungi 3 generasi dan memberi wadah bagi anggota keluarga untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan religi sesuai dengan yang dikehendaki masing-masing keluarga. Ide ini merupakan bagian dari stimulasi dengan azas 'fastabiqul khairat' dan dapat disesuaikan dengan kondisi.

Sebagaimana Pesantren Lae Toras (baca), Pesantren Siniang diusulkan juga masuk dalam Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) DPC Humbang Hasundutan (baca) yang juga akan didukung oleh Forum Alumni dan Wali Santri Pesantren Al Kautsar Al Akbar.

Diskusi di WA bermula dari postingan Ust. Mas Ismail Simanjuntak mengenai kegiatan tasyakuran di rumah Op. Sholeh boru, tidak jauh dari lokasi Pesantren Siniang.

"Menghadiri undangan doa syukuran di Siniang bersama Pak KUA, muslimin Pakkat di rumah Op Sholeh Marbun/Br. Manalu," tulisnya.

Ust Ismail kemudian didorong oleh anggota grup untuk menelurkan ide tersebut dalam acara sehingga diharapkan dakwah dan kegiatan religi di Siniang, khususnya, di kalangan ratusan anggota keluarga besar Op. Sholeh, baik di Pakkat maupun di perantauan, dapat terus terlaksana secara berkesinambungan, dengan mengharap ridha dari Allah SWT.

Forum Alumni dan Wali Santri Pesantren Al Kautsar Al Akbar terdiri dari kalangan santri dan wali santri yang pernah mondok di Pesantren Al Kautsar Al Akbar I & II Medan dan Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Lae Toras, Humbang Hasundutan.

ilustrasi


Walaupun begitu, grup whatsapp ini juga diikuti oleh tokoh masyarakat Pakkat seperti Ust. Mas Ismail Simanjuntak, guru-guru pesantren yang aktif maupun yang sudah berkiprah di luar, pendiri masjid Temba dan lain sebagainya untuk menciptakan silaturahmi yang inklusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar